• Pembelian lumecolors di website ini pakai kode: PROMOLUMECOLORS akan dapat diskon.
Beranda » Blog » Jenis-Jenis Kain Katun untuk Pembuatan Busana yang Nyaman

Jenis-Jenis Kain Katun untuk Pembuatan Busana yang Nyaman

Diposting pada 24 September 2023 oleh fashionstory / Dilihat: 135 kali / Kategori: ,

Jenis-jenis kain katun ada banyak sekali. Mengetahui setiap jenisnya bisa membantu Anda menentukan bahan kain yang paling sesuai dengan kebutuhan. Sekaligus menjamin kenyamanan ketika mengenakannya di berbagai acara maupun kondisi.

Kain katun adalah jenis material tekstil yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahan ini populer berkat kenyamanan, keawetan, dan fleksibilitas dalam beragam aplikasi. Mulai dari kaos, celana, cardigan, hingga jaket. Tak heran jika banyak desainer atau pengusaha fashion menyukai kain katun.

Kain katun sendiri terbuat dari serat alami tumbuhan yang hidup di berbagai daerah tropis maupun subtropis. Mengingat katun berasal dari alam, membuat bahannya memiliki serat lembut dan lebih ramah bersentuhan dengan kulit. Sehingga sangat cocok untuk kebutuhan busana sehari-hari.

Jenis-Jenis Kain Katun

Istock

Mengenal Sejarah dan Jenis-Jenis Kain Katun

Sejarah kain katun melibatkan perjalanan panjang dari kawasan Asia Selatan. Tempat kapas pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Asia Selatan ribuan tahun silam. Tanaman kapas kemudian tersebar ke berbagai belahan dunia melalui jalur perdagangan. Menjadikannya salah satu komoditas paling berharga dalam sejarah perdagangan di masa lampau.

Sekitar abad ke-16, revolusi industri di Inggris memperkenalkan mesin tenun dan pemintalan mekanis. Langkah tersebut menjadi cikal bakal industri tekstil secara radikal. Bahkan, kain katun semakin mudah masyarakat produksi dalam jumlah besar. Sehingga harga pakaian saat itu lebih terjangkau untuk berbagai kalangan.

Perkembangan kain katun dari waktu ke waktu kian membaik. Di berbagai negara mulai berinovasi untuk menghasilkan jenis-jenis kain katun. Supaya mampu memenuhi kebutuhan sandang masyarakat di wilayah tersebut. Jenisnya meliputi kain katun polos, ima, madinah, toyobo, rayon, supernova, flannel, hingga combed.

Setiap jenis kain katun tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan varian bahan katun yang tepat akan memengaruhi para penggunanya. Setelah mengetahui sejarah perjalanan katun, selanjutnya kita akan memahami penggunaan kain ini dalam kebutuhan busana sehari-hari seperti berikut.

1. Cardigan Bahan Katun

Cardigan merupakan salah satu pakaian yang cukup populer dalam industri fashion. Pada awalnya, cardigan terbuat dari bahan wol. Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang semakin banyak memanfaatkan katun sebagai bahan dasar pembuatannya.

Salah satu keunggulan katun jika kita bandingkan dengan wol adalah kenyamanannya di permukaan kulit. Jenis-jenis kain katun ini tidak hanya membuat cardigan enak kita pakai sepanjang hari. Namun, juga cocok untuk pengguna yang memiliki kulit sensitif. Berbeda halnya dengan bahan wol yang terkadang bisa menimbulkan iritasi.

Cardigan bahan katun sangat cocok untuk semua jenis musim. Anda dapat menggunakannya ketika cuaca hangat, atau mengombinasikan dengan lapisan tambahan saat musim dingin. Perawatan cardigan katun juga lebih mudah.

Anda bisa mencuci sekaligus mengeringkan secara cepat. Tanpa khawatir tentang perubahan bentuk maupun ukuran. Berbeda dengan bahan wol yang perlu waktu pengeringan lebih lama. Bahkan, kesalahan mencuci bisa mengakibatkan serat-serat wol menjadi longgar.

Kain katun juga menawarkan berbagai gaya dan potongan cardigan. Mulai dari yang big size hingga ketat, dengan variasi warna maupun pola unik. Hal ini tentu membuat Anda semakin leluasa untuk memadukan dengan berbagai gaya busana.

2. Model Baju Bahan Katun Polos

Jenis-Jenis Kain Katun

Istock

Baju bahan katun polos menjadi pilihan sempurna. Terlebih bagi Anda yang mengutamakan kesederhanaan, namun tetap ingin terlihat stylish. Jenis-jenis kain katun polos dapat kita kreasikan menjadi berbagai pilihan baju seperti berikut ini.

Kaos Katun Polos

Kaos berbahan katun polos menjadi pilihan pakaian paling serbaguna dalam lemari pakaian Anda. Pakaian ini sangat nyaman untuk kebutuhan sehari-hari. Serta lebih mudah memadukannya dengan berbagai aksesoris tambahan. Anda juga semakin leluasa memilih warna sesuai selera atau mengombinasikannya untuk tampilan fresh dan berani.

Kemeja Katun Polos

Tak hanya kaos saja, katun polos juga bisa Anda gunakan pada kemeja. Kemeja katun polos adalah pilihan terbaik untuk acara-acara formal maupun non formal. Mereka memberikan tampilan yang bersih serta rapi. Anda bisa mengenakannya dengan celana bahan atau rok untuk menciptakan gaya yang lebih elegan.

Dres Cantik

Saat ini, tak sedikit desainer yang mulai menggunakan katun polos untuk menciptakan dress cantik. Dress katun polos sangat nyaman dan serbaguna untuk berbagai kesempatan. Model dress ini memungkinkan Anda bereksperimen dengan berbagai aksesori. Misalnya tambahan ikat pinggang, bros, hingga kalung, untuk menciptakan tampilan yang semakin unik.

Di samping keunggulannya yang bisa Anda kombinasikan menjadi berbagai model pakaian, katun polos juga mudah dalam perawatan. Jenis-jenis kain katun polos bisa Anda cuci menggunakan mesin maupun manual. Namun, pastikan tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Karena warna kain bisa cepat pudar.

3. Bahan Katun Rayon Premium

Jenis-Jenis Kain Katun

Istock

Dalam bidang fashion, pemilihan bahan yang tepat sangat penting untuk menciptakan pakaian menarik dan nyaman. Salah satu bahan yang kerap menjadi favorit desainer dan penggemar fashion adalah katun rayon premium.

Jenis-jenis kain katun rayon memiliki karakteristik unik. Mereka mampu menggabungkan keanggunan dan kenyamanan dalam sebuah busana. Teksturnya hampir menyerupai kain sutra, namun hadir dalam versi yang lebih ramah di kantong konsumen.

Keunggulan paling menonjol dari katun rayon premium adalah kelembutannya. Rayon premium sangat nyaman meski Anda memakainya sepanjang hari di cuaca panas. Selain itu, kain katun ini memiliki kilau alami yang menambah sentuhan elegan pada busana.

Membuatnya sangat cocok untuk model pakaian formal atau semi-formal yang memerlukan tampilan lebih mewah. Keunggulan lain dari bahan katun rayon premium adalah sifatnya yang baik dalam hal sirkulasi udara. Menjadikannya sangat pas untuk iklim panas.

Kerapatan serat yang cukup padat membuatnya tahan terhadap kusut. Jadi tidak perlu terlalu sering menyetrika. Kain rayon premium biasanya desainer pakai untuk membuat kemeja, gamis, dan produk busana muslim lainnya.

Untuk proses perawatannya tidak terlalu berbeda dengan katun polos. Anda tetap bisa mencuci secara manual maupun menggunakan mesin. Jika memungkinkan, upayakan mencuci secara manual agar kerapatan seratnya senantiasa terjaga. Selain itu, pastikan tidak menjemur di bawah terik matahari langsung agar warna kain tidak cepat pudar.

4. Bahan Toyobo Premium

Industri tekstil terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan permintaan konsumen. Meski begitu, popularitas jenis-jenis kain katun tampaknya tak pernah redup. Salah satu jenis katun yang berhasil mencuri perhatian dalam industri fashion adalah “Toyobo Premium”.

Toyobo masuk ke dalam daftar jenis kain katun dengan kualitas kelas atas. Varian kain toyobo sangat banyak. Sebut saja Toyobo Original Import hingga Toyobo Fodu Import Premium. Standar mutunya menyesuaikan pabrikan Jepang, sehingga harganya relatif mahal.

Salah satu keunggulan toyobo premium yaitu memiliki kekuatan serat yang tak tertandingi. Memungkinkannya tahan terhadap tekanan maupun gesekan selama pemakaian. Tak heran jika kain ini sangat ideal untuk produk yang memerlukan daya tahan ekstra. Seperti pakaian olahraga maupun perlengkapan outdoor.

Meski memiliki kekuatan luar biasa, toyobo premium merupakan serat yang cukup ringan. Kainnya juga adem dan mudah menyerap keringat. Toyobo premium sendiri dapat Anda temukan secara mudah dalam berbagai produk. Termasuk busana harian, seragam olahraga, pakaian militer, hingga varian busana muslimah.

Proses perawatan toyobo premium sejatinya hampir sama dengan bahan katun lain. Mengingat bahannya relatif tebal, pastikan menjemur pakaian berbahan toyobo sampai benar-benar kering. Hal ini untuk meminimalisir bau apek saat penyimpanan.

5. Kain Paris Premium

Paris premium termasuk jenis-jenis kain katun yang menggabungkan keanggunan dan kenyamanan dalam setiap seratnya. Kain ini cukup populer berkat kualitas yang luar biasa. Sehingga menjadi pilihan banyak desainer untuk menciptakan pelengkap busana modern. Misalnya sebagai bahan utama dalam pembuatan hijab atau kerudung.

Kain katun paris premium memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari jenis-jenis kain katun biasa. Salah satunya terbuat dari serat katun pilihan terbaik. Guna memastikan ketebalan dan estetika permukaannya.

Keunggulan lain yang tak kalah menonjol dari kain katun paris premium adalah teksturnya. Kain ini terasa lembut dan nyaman saat Anda pegang maupun dikenakan. Sangat cocok untuk pelengkap busana sehari-hari maupun pakaian formal.

Katun paris premium juga memiliki kilau alami yang akan menambah sentuhan keanggunan pada pakaian. Menjadikannya pilihan tepat untuk membuat sejumlah pelengkap gaun malam. Sebut saja dasi, syal, outer, atau hijab yang membutuhkan sentuhan eksklusif.

Untuk menjaga kualitas kain katun paris premium, perawatan yang tepat wajib Anda perhatikan. Seperti cuci dengan air bersih dan gunakan deterjen lembut. Hindari penggunaan pemutih atau pengering yang panas. Karena hal ini dapat merusak serat kain.

Selain itu, pastikan tidak mengaplikasikan setrika bersuhu tinggi di atas kain paris premium. Supaya kerapatan seratnya senantiasa terjaga, sebaiknya mencuci secara manual. Terlalu sering menggunakan mesin cuci bisa membuat permukaan kain ini menjadi kasar.

6. Bahan Katun Madinah

Jenis-jenis kain katun terakhir yang kerap masyarakat pilih untuk kebutuhan busana adalah madinah. Kain katun madinah telah banyak masyarakat gunakan sejak ribuan tahun silam. Katun ini populer karena kelembutan, keawetan, dan kemampuannya untuk menjaga kesejukan ketika cuaca panas.

Tak heran jika katun madinah kerap orang-orang Arab gunakan untuk melindungi tubuh mereka dari teriknya sinar matahari. Selain memiliki kemampuan menyerap panas yang baik, katun madinah juga ramah di kulit.

Serat-serat katun madinah cenderung halus dan tidak menimbulkan iritasi meski bersentuhan dengan kulit sensitif. Kemampuannya dalam mengatur suhu tubuh juga menjadi pertimbangan tersendiri. Saat cuaca panas, kain ini bisa menyerap keringat secara optimal. Sementara ketika cuaca dingin, kain katun madinah dapat menghangatkan tubuh.

Penggunaan katun madinah sudah merambah ke berbagai model pakaian. Termasuk baju, kemeja, gamis, tunik, blus, hingga pakaian dalam. Bahannya yang jatuh dan ringan semakin membuat para penggunanya tampil percaya diri.

Untuk proses perawatannya juga terbilang mudah. Hanya saja, pastikan Anda tidak menyikat permukaan kain katun madinah secara berlebihan. Karena hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada serat kainnya. Selain itu, perhatikan juga detergen yang Anda pakai. Pilihlah detergen yang memiliki kandungan aman untuk serat kain.

Nah, demikian tadi beberapa ulasan tentang jenis-jenis kain katun yang tersedia di pasaran. Lengkap dengan penggunaan bahan katun paling populer, untuk berbagai pilihan busana sehari-hari. Sekian, semoga tulisan ini bisa memberikan tambahan referensi bermanfaat.

Tags:

Bagikan ke

Jenis-Jenis Kain Katun untuk Pembuatan Busana yang Nyaman

Komentar

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Jenis-Jenis Kain Katun untuk Pembuatan Busana yang Nyaman

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Hai Kak, Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Cs Online
● online
Cs Online
● online
Halo, perkenalkan saya Cs Online
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja